Kamis, 11 Juli 2013

TRANSFER MARKET PENUH KEJUTAN

  BIENVENIDA FERNANDO


  Saya tidak tahu harus mulai darimana blog kali ini tapi karena kemarin belum sempat menulis tentang Llorente jadi saya pikir sebagai permulaan kita perkenalkan dulu sang singa Spanyol ini, Llorente, potongan puzzle terakhir Juventus

Ya, potongan puzzle terakhir Juventus. saya pikir kehadiran Llorente menjadi penyempurna kehadiran potongan puzzle sebelumnya berupa Carlos Tevez. Dua figure hebat ini menjadi seperti sebuah jawaban akan mandulnya produktivitas lini depan kita. Saya percaya, jika Fernando mampu menemukan bentuk permainan terbaiknya di bawah asuhan Conte, dia akan membuat Juventus melupakan Higuain. Penampilan terbaik Llorente sendiri terjadi dalam kurun 2011-12, kala itu dia mampu membukukan 29 gol dari 53 penampilannya untuk Atletic Bilbao di semua kompetisi. Dengan tinggi badan yang mencapai 1,95 meter, Llorente menjadi seperti Tower kematian bagi tim-tim lawan. Heading atau sundulannya tentu saja menjadi aset paling berharga karena faktanya Llorente menjadi pemain yang mampu mencetak gol lewat sundulan terbanyak kedua(setelah Ronaldo, 11) dalam dua musim terakhir di La Liga, dengan 10 gol sundulan.
Lebih impresif lagi jika statistik di tarik ke hanya di musim 2011-12 saja, Llorente unggul dari semua pemain dengan mencetak 8 gol lewat kepala hanya dalam semusim saja. Bayangkan kelebihan seperti ini di aplikasikan ke Juventus yang mempunyai barisan penyuplai bola handal seperti Pirlo, Asamoah, ataupun Vidal, tentu akan jadi bencana bagi tim lawan. Postur tingginya yang sering di samakan dengan Ibrahimovic akan sangat membantu Bianconeri meraih titel Scudetto ketiga kalinya berturut-turut plus mimpi liga Champion. Sudah siapkah kalian menyaksikan duet `GILA` Tevez-Llorente di depan? Saya tidak sabar. Saya bisa di bilang sekarang dalam mode luar biasa penasaran menantikan penampilan perdana duet ini. Duet ini akan menjadi pasangan paling wah pertama setelah terakhir kalinya duet sempurna Juve antara Ibra-Trezeguet. Tevez yang mempunyai foot-work sempurna, dribel dewa, mampu menCreate gol sendiri dan juga mampu memberi umpan(assist) bagi rekan duetnya. Llorente menyempurnakan lini depan dengan kepalanya, respon serta naluri golnya. I can't imagine. Pertandingan resmi pertama Juventus di musim 2013-14 adalah kontra Lazio tanggal 18 agustus di Olimpico, Roma di ajang super copa Italy. Ini akan jadi test sempurna bagi duet baru Juventusini.

BENVENUTO OGBONNA

Ogbonna tes medis hari ini di sessant





Akhirnya setelah sempat tarik ulur dan beberapa pertemuan alot, Ogbonna berhasil di dapatkan. Pada pertemuan terakhir antara Marrota dan Cairo menghasilkan kesepakatan yang kabarnya berada di angka €12,5juta plus variasi bonus yang mencapai €2,5juta(ada perbedaan 0,5 dari berita sebelumnya) yang kesemuannya akan di bayarkan selama tiga tahun.

  Ogbonna sendiri adalah pemain kidal(left-foot) dan dia di proyeksikan(jangka panjang) sebagai back up atau pun pengganti Barzagli yang mulai uzur, sedangkan untuk jangka pendek ini, Ogbonna akan menjadi back up Chiellini.



  Sebenarnya kedatangan Ogbonna menimbulkan sedikit masalah lain. Dengan mendapatkan Defender berkualitas seperti Ogbonna dan hanya akan menjadikannya pelapis maka kehadirannya tentu saja akan mengancam pemain lainnya yang selama ini jadi pelapis. Siapa yang paling berpeluang tergusur? Caceres. Saya tentu saja tidak akan menyalahkan Caceres jika dia meminta di jual mengingat kemampuannya sebenarnya cukup bagus, dia hanya kurang beruntung harus bersaing dengan bek-bek hebat Juve. Sungguh jika Caceres meminta menit bermain yang lebih, saya kira itu sebuah hal yang wajar. Selama ini saja Caceres hanya menjadi back up Barza dan Linct, kedatangan Ogbonna akan membuat dia jadi pilihan ketiga. Yah kita semua berharap Caceres tidak meminta di jual tentunya, dia back up 'sempurna' dan dia juga sangat versatile atau bisa di mainkan di mana saja di tambah lagi Caceres juga sering mencetak gol menentukan seperti dua gol debutnya setelah kembali ke gawang Ac Milan. Akan menjadi kehilangan besar jika kita kehilangan dia, mungkin dilema kasusnya sama seperti kepergian Giacherini.


  Bergabungnya Ogbonna ke Juventus juga di barengi dengan pergerakan pasar transfer yang berubah drastis. Seperti berita mengejutkan tentang Giacherini yang sudah sepakat ke Sunderland dengan mahar yang konon kabarnya mencapai €8juta atau setara Rp.104,36 miliar yang akan di bayarkan selama 2 tahun. Ini tentu mengejutkan tapi bisa di pahami, sama seperti Caceres, mereka berdua adalah 'back up sempurna'. Dengan kemampuan mereka sekarang, mereka layak mendapat minute play lebih banyak lagi. Dan lagi-lagi, kita tidak bisa menyalahkan Giacherini, dia pemain bagus , pemain timnas dan sudah jauh berkembang bersama Juventus, jika dia ingin bermain reguler satu-satunya cara adalah keluar dari Juventus. Giacherini, yang konon akan di gaji €2juta/musim atau setara Rp.26,83 miliar di Sunderland ini(gaji Giach di Juve €600k/musim) juga pemain pekerja keras dan cepat berkembang. Dia akan menjadi pembelian bagus bagi Sunderland. Giach sendiri konon kabarnya di kontrak selama 4 tahun.
  
   Pergeseran peta transfer lainnya juga menyentuh buruan Juventus lainnya, yaitu Jovetic. Manchester City yang kehilangan Carlos Tevez yang hijrah ke Juve dan gagal merayu Edinson Cavani kini semakin dekat dengan Jovetic. Sebelumnya, Jovetic sendiri pernah menyatakan keinginannya untuk bermain di liga inggris meski prioritas utama dia musim depan adalah bermain di Italia dan Juve sudah di sebutkan sebagai destinasi berikutnya tapi apa lacur, presiden Fiorentina, Della Valle yang anti-Agnelli&Juve enggan melepasnya ke musuh utamanya. Dengan alasan hanya akan melepas pemain yang akrab di panggil Jojo untuk uang cash tanpa tambahan pemain, Della Valle terus mempersulit prosesi transfer ke Juve. Tentu saja sekarang Manchester City menjadi yang paling realistis, uang banyak dan fakta bahwa City bukan rival Fiorentina berbicara. Kabar memgejutkan lagi tentu saja bergabungnya Manchester United dalam perburuan Jojo ini. Entah apa maksud United masuk ke dalam labirin transfer Jojo tapi sepertinya mereka tidak mau melihat rival sekotanya ini bertambah kuat. Dengan masuknya dua klub besar liga inggris dalam perburuan Jovetic kini kans Juve untuk mendapatkannya semakin kecil
sign to Juve?

Lalu, siapa pengganti Giacherini? Diamanti? Tidak. Saya bukannya meragukan Diamanti tapi saya justru ragu Juve tidak akan mencari pengganti untuk Giacherini. Alasannya? yang pertama adalah fakta bahwa Juve sudah mengeluarkan uang yang hampir mencapai €15juta untuk mempermanenkan dua pemain di sisi kiri,yaitu Asamoah (€9juta) dan Peluso (€4,8). dan yang kedua saya kira Hasil penjualan Giacherini sendiri kemungkinan untuk menutup biaya Transfer Tevez yang sebesar €9juta

  jika pun seandainya ada pemain yang datang untuk menggantikan Giacherini, saya kira diamanti bukanlah orangnya mengingat faktor umur. Lalu siapa orang yang tepat menggantikan Giach? Giancomo Bonaventura. Untuk saat ini namanya paling santer dan paling realistis menggantikan Giach, selain karena masih muda, Bonaventura juga seorang gelandang versatile yang biasa beroperasi di sayap kiri. Untuk harga sendiri, transfer market memperkirakan banderol Bonaventura sebesar €8juta atau £7juta. Tapi melihat fakta betapa liarnya pergerakan pasar transfer sekarang, semua hal bisa saja terjadi. Kita tidak dapat memastikan. Tapi poin positive dari aktivitas transfer Juventus awal musim ini adalah kesuksesan manajemen bukan hanya dalam pembelian pemain tapi juga penjualan pemain. Sampai bursa transfer di tutup pada 31 agustus, saya harap Marrota mampu menjual beberapa pemain lagi, misal pemain di lini depan. Ini demi keseimbangan transfer.

   Jikapun Diamanti datang, menurut saya dia bukanlah pengganti Giacherini karena sebelum Giach pergi pun berita Diamanti akan di beli Juve sudah santer terdengar. Jadi dalam teori saya tidak ada itu skenario Giach out terus di gantikan Diamanti. sejak awal Diamanti memang sudah di siapkan untuk menjadi supersub mengingat umur dan kemampuannya.


   Apa kita harus senang jika Diamanti bergabung? Ya tentu saja. Dia pemain hebat dan dia juga pemain timnas Azzuri. Freekick yahud dan tipikal seorang leader, Diamanti akan jadi deal hebat di Juve. Begitu juga dengan Zuniga, pemain Napoli yang juga jadi buruan utama Juve bersama Diamanti. Tapi sampai saat ini, saya belum membaca berita Juve telah memberikan tawaran resmi untuk Bologna (Diamanti) dan Napoli (Zuniga). Semoga ada pemain berkualitas lagi yang datang ke Turin. C'mon Juve!

 akhir kata,
saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada Giacherini yang sudah membantu Juventus kita meraih 3 gelar dalam dua musim. goodluck, Giach!

pict by. @yusventus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adsense Menu